UMKM Kunci Kesuksesan Di Indonesia



Pertumbuhan ekonomi nasioanal sangat ditentukan oleh dinamika perekonomian daerah, sedangkan perekonoman daerah pada umumnya ditopang oleh kegiatan ekonomi berskala kecil dan menengah. Unit usaha yang masuk dalam kategori Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasioanal. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang tangguh di tengah krisis ekonomi.

Saat ini pelaku mayoritas adalah pelaku usaha UMKM yang terus tumbuh secara signifikan dan mejadi sektor usaha yang mampu menjadi penopang stabilitas perekonomian nasional. Peranan pemerintah sebagai salah satu prasyarat keberhasilan dalam pengembangan UMKM dengan melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kinerja UMKM sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi.

Indonesia perlu banyak wirausaha atau UMKM? Apa hubungan antara banyaknya jumlah wirausaha atau UMKM di Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi (Pendapatan) negara kita? Bukannya malah dengan semakin banyaknya wirausaha/UMKM, ekonomi kita akan semakin beresiko? Pertanyaan-pertanyaan diatas mungkin muncul dipikiran pada saat ada perkataan untuk menjadi negara maju, negara kita perlu memperbnayak jumlah wirausaha.

Bagi anda yang ingin usaha anda sukses anda juga bisa lho menjual produk UMKM jember dan juga jual produk online jember. Hal tersebut merupakan peluang yang besar menuju jalan kesuksesan bagi anda.

Untuk itu mari kita coba kupas satu-satu, kenapa, apa dan bagaimana peranan pemerintah kita seharusnya untuk menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan dan UMKM di Indonesia.

UMKM mendominais perekonomian Indonesia

Data kementrian koprasi dan UMKM menyebutkan bahwa sektor UMKM menyumbang sekitar 59,03% dari GDP Indonesia. 

dari data diatas kita bisa lihat betapa pentingnya kontribusi UMKM untuk perekonomian Indonesia namun sayangnya besarnya peranan UMKM ini belum didukung oleh pemerintah Indonesia yang bisa dilihat dari maeratnya akses UMKM ke lembaga keuangan. Padahal dengan dukungan pemerintah dna program pengembangan keahlian yang tepat, UMKM Indonesia tidak hanya dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar tapi juga menciptakan tenaga kerja yang berkeahlian dan berpenghasilan tinggi.

Faktor kunci pertumbuhan kewirausahaan/UMKM

Setelah tahu kalau wirausaha itu memang  penting untuk ekonomi Indonesia, pertanyaan selanjutnya munkin hal-hal apa sih yang harus diperhatikan untk menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia? Untuk menumbuhkan kewirausahaan ada 4 yiatu:

1.Tenagakerja
2.Modal yang tidak harus selalu dalam bentuk uang
3.Teknologi penunjang seperti internet
4.Dukungan regulasi daripemerintah

Regulasi untuk pengembangan UMKM

Dukungan regulasi dari pemerintah sangatlah penting untuk pengembangan UMKM. Namun jenis regulasi seperti apa yang perlu dikeluarkan oleh pemerintah agar dunia kewirausahaan bisa tumbuh pesat id Indonesia? Untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan, ada 4 hal Yang harus diperhatikan oleh pemerintah Indonesia yaitu:

1.Aset kewirausahaan, pemerintah mengatur agar UMKMbisa meningatkan aset yang mereka miliki.
2.Layanan bisnis, pemerintah menyediakan layanan penunjang berupa program pendampingan.
3.Akselerasi bisnis, pemerintah membantu UMKM untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis.
4.Motivasi, pemerintah merubah/membentuk pola piker yang positif tentang wirausaha.

Minat? Dengan usaha UMKM tersebut bisa langsung hubungi 0877 7530 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips menata kamar tidur untuk anak kembar

TAMPIL CANTIK DENGAN TAS MODERN

Itip yuk manfaat social media untuk bisnis