Tips Jitu Membangun UMKM sukses



Jurus membuka pasar dan membangun UMKM yang sukses dengan melihat potensi dan kreativitas yang memiliki pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tanah air, sektor ini diyakinkan akan mampu mengalahkan UMKM China dan India.

Bagi anda yang ingin usaha anda sukses anda juga bisa lho menjual produk UMKM jember dan juga jual produk online jember. Hal tersebut merupakan peluang yang besar menuju jalan kesuksesan bagi anda.

Apa itu UMKM dan bagaimana cara membnagun UMKM?     
   
UMKM merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian sebuah negara ataupun daerah. Di Indonesia UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian rakyat, seperti membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, usaha jenis ini banyak menciptakan unit-unit kerja baru yang memanfaatkan tenaga-tenaga baru sehingga dapat mendukung pendapatan rumah tangga.

Dibanding usaha yang berkapasitas lebih besar, Usaha Kecil Menengah memiliki fleksibelitas yang lebih tinggi. Usaha kecil ini perlu mendapatkan perhatian khusus dan didukung oleh informasi akurat. Dengan cara seperti ini, akan terbentuk link bisnis yang terarah pelaku UKM dan jaringan pasar. Untuk membangun jaringan pasar, ada dua aspek yang harus dikembangkan.

Produktivitas dalam membangun UMKM

Rendahnya tingkat produktifitas, rendahnya nilah tambah dan rendahnya kualitas produk, adalah kinerja paling menonjol yang dihadapi oleh sebagian besar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Usaha ini memang menjadi lapangan kerja bagi sebagian pekerja di Indonesia, tetapi kontribusi dalam output nasionalnya rendah.

Rendahnya produktivitas dalam membangun UMKM

Rendahnya tingkat penguasaan teknologi dan kemampuan wirausaha di kalangan UMKM adalah beberapa faktor penyebabnya. Pengembnagan UMKM selama ini tidak banyak memberikan kontribusi maksimal terhadap penikmatan kinerja usaha ini. sementara itu, perkembangan ekonomi yang semakin luas mengakibatkan tingkat daya saing kita tertinggal dengan negara-negara tetangga.

Solusi dalam membangun UMKM

Langkah bersama untuk mengangkat kemampuan teknologi dan daya inovasi dapat meningkatkan daya saing UMKM. Inovasi disini berarti sesuatu yang baru bagi komunitas usaha kecil yang bersangkutan. Ekonomi akan maju jika ditunjang oleh tingkat perkembangan technical change yang berarti tahap penguasaan teknologi dan dibangun diatas pengalaman.

Agar pengalaman teknologi dapat menghasilkan technical change dan inovasi di dalam dunia usaha, dipelukan hal-hal berikut:

1.       Kemampuan UKM menyerap, mengadopsi dan menerapkan teknologi baru dalam usahanya.
2.       Tingkat kompatibilitas teknologi (spesifikasi dan tingkat kerumitan)  dengan kebutuhan serta kemampuan UKM yang ada
3.       Tersedianya dukungan teknis yang relevan dan bermutu dalam proses pembelajaran menggunkan teknologi baru.

Minat? Dengan usaha UMKM tersebut bisa langsung hubungi 0877 7530 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips menata kamar tidur untuk anak kembar

TAMPIL CANTIK DENGAN TAS MODERN

Itip yuk manfaat social media untuk bisnis