Apa itu kopi robusta?



Pecinta kopi tanah air sudah tidak asing dengan kopi robusta. Jenis kopi ini memang banyak tumbuh di berbagai daerah Indonesia. Mayoritas kebun kopi yang ada di negeri ini adalah kebun kopi robusta yang luasnya mengalahkan luas kebun kopi Arabica, liberika dan excelsa. Kopi robusta mendapat nama dari Bahasa inggris yaitu kata ‘robust’ yang memiliki arti kuat, tanmaan kopi ini sangat tahan terhadap berbagai macam penyakit. Teremasuk diantaranya adalah penyakit karat daun yang merupakan penyebab banyak tanaman kopi arabika mati.

Namun jenis kopi ini dianggap masih kurang baikjika disbanding dengan kopi Arabica. Hal ini dikarenakan permintaan pasar yang masih cenderung lebih tinggi terhadap kopi Arabica. Harga yang ditentukan untuk kopi robusta juga tidak setinggi kopi arabica.

Anda pecinta kopi kami juga mempunyai biji kopi luwak Jember lho yuk buruan sebelum kehabisan dan juga ada mesin kopi murah Jember jadi enak kan bisa anda manfaatkan sesuka anda.

Sejarah tentang kopi robusta

Kopi robusta berasal dari tanaman yang bernama coffee canephora ini ditemukan oleh seorang ahli botani asal belgia didataran Afrika, tepatnya dinegara kongo pada tahun 1898. Kopi ini kemudian menjadi alternative kopi lain untuk kopi Arabica yang lebih dulu dikenal dunia. Selain terbukti lebih tahan terhadap berbagai penyakit, kopi robusta juga mampu bertahan diberbagai macam iklim dan cuaca, rasa yang dihasilkan juga lebih kuat daripada kopi Arabica.

Jenis-jenis kopi robusta yang terkenal di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa jenis kopi robusta unggulan yang menjadi andalan produk ekspor. Rasa yang khas dan kuat menjadi alasan beberapa jenis ini terkenal baik di dalam negri maupun diluar negri. Mayoritas jenis kopi robusta ini di Indonesia dihasilkan dari tanaman canephora. Oleh karena itu banyak orang yang memilih menyebut varian robusta sebagai klon daripada varietas.

Minat? Bisa langsung hubungi 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips menata kamar tidur untuk anak kembar

TAMPIL CANTIK DENGAN TAS MODERN

Itip yuk manfaat social media untuk bisnis