Tips membuat kopi tubruk khas indonesia


Kopi tubruk merupakan warisan budaya nusantara yang masih bertahan hingga saat ini. banyak penikmat kopi yang memilih menyeduh kopi dengan cara ini karena kopi tubruk akan menampilkan karakter kopi dan cita rasa yang sesungguhnya. Seperti namanya saja tubruk, intinya adalah cara membuat kopi yang menubrukkan kopi dan air secara langsung. Sederhana! Kopi terendam (dengan metode immersion) dan langsung siap minum. Tahapannya pun singkat, hanya memerlukan waktu 4 menit untuk menghaislkan secangkir kopi tubruk yang paling enak.

Sebelum lanjut ke cara membuat kopi tubruk khas nusantara ini, buat anda para pecinta kopi di kota Jember sudah terapat biji kopi arabikajember dan lengkap dengan mesin kopi murah jember lho.

Cara membuat kopi tubruk memang sangat mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Supaya hasil kopinya semakin enak dan nikmat. Meneyduh kopi itu seperti membuat maha karya. Setiap tangan menghasilkan rasa kopi yang berbeda, walaupun memakai jenis kopi yang sama. Perbandingan air, kopi dan gula pun harus tepat. Inilah tips yang harus anda perhatikan supaya menghasilkan rasa kopi yang nikmat.

Air seduhan

Dalam satu cangkir kopi tradisional ini, 90% nya berisis air. Oelh karena itu anda harus memberikan suhu air yang tepat, sehingga rasanya kopi akan semakin nikmat. Panaskan air sampai suhu 90%. Semakin rendah temperature air, maka rasa kopi semakin asam.

Jenis kopi yang diseduh

Anda bisa memakai jenis biji kopi appaun untuk membuat kopi tubruk ini. tinggal sesuaikan dengan selera anda. Pilihlah biji kopi yang masih segar, yang baru saja di sangrai. Jangan gunakan biji kopi yang sudah disangrai lebih dari 2 bulan. Proses penggilingan akan lebih baik jika menggiling kopi tepat sebelum diseduh. Karena aroma kopi yang sudah digiling atau dihancurkan lebih mudah menguap. Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu kasar.

Alat seduh

Untuk membuat kopi ini anda tidak perlu alat seduh yang rumit. Anda hanya butuh panic, teko dan sendok saja. tidak perlu mesin penyeduh kopi yang rumit. Untuk menggilingnya anda bisa memakai alat giling atau menggiling secara manual. Semua alat seduhnya bisa anda temukan dirumah.

Rasio air dan kopi

Untuk membuat kopi tubruk yang enak, anda harus memperhatikan rasio air dan kopinya. Sebenarnya rsaio ini bisa sesuaikan dengan selera anda.

Waktu penyeduhan

Agar seduhan anda menghasilkan aroma dan rasa terbaik, perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode tubruk ini, waktu yang kita butuhkan kira-kira 4 menit. Setelah menyeduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa mengaduknya terlebih dahulu. Birkan kopi dan air melarut secara alami. Bagaimana mudah kan? Anda bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa menggunakan bahan yang rumit.

Yuk yang minta untuk membuka usaha di kota Jember sudah terdapat biji kopi murah jember yang juga melayani ekspor impor jember Indonesia lho yuk yang minat bisa langsung hubungi 085784510337 (Rodiatul) Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips menata kamar tidur untuk anak kembar

TAMPIL CANTIK DENGAN TAS MODERN

Itip yuk manfaat social media untuk bisnis